berandalan tengah malam

S.O.M.E.T.H.I.N.G_B.E.T.T.E.R

15/06/11

ILMUWAN HEBAT

RAHASIA KEMAMPUAN LABA  - LABA MERAYAP PADA LANGIT - LANGIT

sekelompok peneliti yang diketahui oleh pakar biomekanika Andrew Martin dari instate for Technical Zoology and Bionics di Bremen, Jerman , meneliti kaki seekor laba - laba pelompat berukuran kecil (Evarcha Arcuata) dengan menggunakan mikroskop electron. Dari mikroskop tersebut dapat terlihat bahwa serangkaian rambut - rambut panjang yang ada dibawah telapak kakinya. Dibagian permukaan ujung bawah telapak kakinya dari masing - masing rambut ini tertutupi oleh rambut - rambut yang lebih keil lagi yang ujungnya berbentuk segitiga.

Untuk memastikan gaya tarik menarik yang berperan ,  para ilmuwan mengukur gaya tarik menarik antar kaki laba - laba yang bergantungan pada langit - langit dengan penempelan 600.000 setule menghasilkan gaya tarik menarik yang mampu menahan 173 kali berat badannya sendiri. Setelah menafsilkan hasil penemuan bahwa laba - laba tersebut menempel pada permukaan melalui gaya VAN DER WALLS ( gaya tarik menarik elektrostatik antara molekul yang terpisah pada jarak 1/1.000.000 millimeter ). Gaya VAN DER WALLS bergantung hanya pada jarak antara dua benda dan tidak dipengaruhi oleh faktor lingkungan . Oleh karena itu, cara yang digunakan oleh laba - laba ini untuk menempel pada dinding dapat ditiru dalam pembuatan bahan sepperti kertas catatan yang menempel ketika basah ataupun seragam ruang angkasa yang dapat melekat pada permukaan ruang angkasa.

kemampuan berjalan laba - laba permukaan langit  - langit merupakan fenomena yang mengagumkan . Namun, yang lebih mengejutkan lagi adalah keberadaan 600.000 rambut halus tersebut pada telapak kaki laba - laba. Rata -  rata terdapat sekitar 100.000 rambut pada kepala mmanusia. Sebaliknya, enam kali lipat jumlah ini terdapat pada telapak kaki laba - laba yang ukurannya jauh lebih kecil dari pada kepala manusia . Keberadaan demikian banyak rambut - rambut berukuran teramat kecil pada tempat engan luasan yang sedenikian kecil menyingkap adanya kehebatan desain mikro. Rambut - rammbut ini tidak dapat ditemukan pada bagian manapun dari tubuh sang laba - laba,  hanya pada telapak kakinya saja.


AIR OKSIDASI

Air mempunyai sifat-sifat yang menarik. Pada suhu kamar, kapasitas kalor, kalor penguapan, dan kalor leburnya paling tinggi dibandingkan dengan zat-zat yang pada umumnya. Air adalah satu-satunya zat alam yang ditemukan dalam tiga wujud. Bila es meleleh pada suhu nol derajat celcius, maka rapat massanya meningkat sebesar 9%, kenaikan suhu dari nol derajat celcius mula-mula meningkat dapat massanya hingga mencapai nilai tertinggi empat derajat celcius, kemudian menurun. Kehidupan seperti yang sekarang di bumi tidak akan mungkin ada, seandainya es mempunyai rapat massa yang lebih besar dari pada air.

Kalor penguapan yang tinggi (2.283 joule/g) penting sekali dalam hubungan dengan pemantapan suhu, misalnya pada tubuh manusia. Kebanyakan organism hidup tidak tahan terhadap perubahan suhu ang besar. Penguapan air paru-paru dan keluarnya keringat dapat membuang sebagian besar dari kalor.

Saling terikatnya molekul-molekul air melalui ikatan hydrogen merupakan sebab mengapa air mempunyai titik didih yang begitu tinggi. Selain sebagai salah satu zat yang paling stabil terhadap panas ( pada suhu 1.130 derajat celcius kurang dari 0,0001% terdisosia dan uap air tetap sebagai H2O/Oksigen ), air mempunyai sifat-sifat sebagai asam, basa, zat pengoksidasi, dan zat pereduksi.

Tubuh manusia terdiri atas 65% - 70% air. Manusia dapat bertahan 90 hari tanpa makan , tetapi hanya bertahan beberapa hari tanpa minum. Kehilangan 10% air menimbulkan pusing kepala, dan kehilangan 20% air bisa menimbulkan kematian ( silahkan mencoba ).

Tidak ada komentar: